BOLEHKAH AKU MEMANGGILMU "AYAH ???"

"Saat itu, acara kami bersilaturhmi di panti asuhan sudah hampir selesai.
Semua anak sudah dibagikan pakaian baru, perlengkapan sekolah dan sejumlah buku cerita dan majalah anak-anak. Makanan, minuman, serta sejumlah uang tunai yang di titipkan kepada ibu asrama.

Aku bersiap-siap hendak ke mobil, ketika seorang anak perempuan sebaya putriku berusia 6 th ...  dengan takut-takut mendekatiku ...

Om ... " tanyanya ragu ...
"Ya, ada apa sayang ???" aku mencoba ramah. Kulihat fia tidak seperti anak lainnya. Kulitnya sawo matang bersih dan wajahnya cantik. Matanya yang berbinar menunjukkan KECERDASAN dan KEMURNIAN HATI ...

"Om, bolehkah saya minta sesuatu ???"

"Mau minta apalagi ???" jawabanku terdengar agak ketus. Aku kaget juga mendengarnya ...
"Eh ... eh, maksud Om, apalagi yang kamu butuhkan ???" kucoba memperbaiki diri saat kulihat BOLA MATAnya mulai digenangi AIR MATA.

"Bo...bolehkah sa...sa...saya minta sesuatu ???" tanyanya terbata dengan suara nyaris hilang di embus angin.

"Tentu saja boleh ... Sayang. Mau boneka Barbie ???" Aku teringat putriku yang yang mengoleksi  Barbie lengkap dengan rumah, pakaian, dan pernak-pernik lainnya. Tapi gadis kecil ini menggelengkan kepala.

"Hmm ... sepatu baru mungkin ???"  aku mulai bermain teka-teki. Dia masih tetap menggeleng...

"Atzu sebuah sepeda mini ???"  tapi tetep saja dia menggeleng. Aku jadi kesal.
Mau minta apa sih ???" Uang barangkali omelku dalam hati ...

"Apa Om nggak MARAH ???" tanyanya takut-takut. Aku menggeleng menyejajarkan pandanganku dengan matanya sambil memegang kedua bahunya ...

Katakan sayang, mau minta apa ???"

"Mmm...mmm, bolehkah saya memanggil Om, AYAH ???" tuturnya dengan penuh keraguan. "Saya...saya... tidak pernah punya AYAH. Kata ibu Tien, kepala panti, Bapak mati ditabrak kereta api waktu saya masih dalam perut Ibu. Saya kepingin sekali punya AYAH. Bolehkah saya memanggil Om, AYAH ???" ...

Ya Allah, ada apa ini ??? Mengapa seorang anak panti tidak tertarik dengan benda-benda mahal yang kutawarkan kepadanya ???"
Dia hanya ingin memanggilku AYAH.
Aku tidak pernah MENANGIS, kehidupan yang keras telah mengajariku lupa MENITIKkan AIR MATA.

Tapi saat ini HATIku terguncang hebat. Allah swt secars telak mengalahkanku ... Astaghfirullah al - azhiim ...
Kupeluk dia erat-erat," Tentu saja SAYANG, kamu boleh memanggilku AYAH."

Betul ???" Wajahnya memyiratkan rasa tidak percaya, namun BAHAGIA. Kami BERPELUKAN beberapa saat...

"AYAH, bolehkah saya minta satu lagi ???" aku mengangguk ...

"Bolehkah saya minta...minta foto AYAH, IBU dan KAKAK-KAKAK ??? Saya akan kasih LIHAT sama teman-teman di sekolah, bahwa saya juga punya KELUARGA sama seperti mereka ... BOLEH ???"

Diposting oleh Abu Jundi — Kamis, 29 Oktober 2015

Belum ada komentar untuk "BOLEHKAH AKU MEMANGGILMU "AYAH ???""

Tambahkan komentar anda :

Silakan tulis Komentar anda ...

Arsip Blog

Info Lowongan Kerja Solo Raya 2012