Lima hal yang harus dihindari di Facebook

Di Inggris, seorang juri pengadilan kasus narkoba dihukum penjara delapan bulan karena menghubungi seorang terdakwa kasus itu.
Joanne Fraill dinyatakan menghina proses peradilan karena menghubungi terdakwa berpotensi mempengaruhi kasus di mana dia sebagai warga negara Inggris ditunjuk menjadi salah satu jurinya.
Fraill mendapat pelajaran pahit dari pertemanan di Facebook.
Bagi orang lain, risikonya mungkin tidak sebesar itu, tetapi ada sejumlah hal yang sebaiknya dihindari di Facebook.

Berteman dengan orang-orang yang salah

Add as friend? Berpikirlah sebelum mengklik confirm. Joanne Fraill tidak berpikir masak-masak.
Dia mengaku merasa kasihan dengan terdakwa Jamie Sewart, sehingga dia mencari namanya di Facebook dan berteman di dunia maya.
Seorang sipir penjara di Leicester Inggris, Nathan Singh, baru-baru ini dipecat karena dia kedapatan berteman di Facebook dengan sejumlah narapidana di lapas tempat dia bekerja.
Tetapi berteman dengan orang yang salah terkadang tidak bisa langsung kita sadari. Charlotte Fielder, seorang wanita Inggris yang lahir cacat tanpa tangan, berteman dengan sejumlah laki-laki yang tidak dia kenal yang ternyata berpura-pura buntung.
Ternyata, mereka sebenarnya sekelompok laki-laki yang tertarik secara seksual dengan wanita bertangan buntung.
Fielder baru mengetahuinya kemudian ketika dia menemukan iklan situs porno yang memuat foto-foto wanita bertangan buntung. Foto profil Fielder terpampang di sana.

Curhat tentang atasan/klien/konstituen

Kedengarannya sudah jelas akan menjadi masalah. Tetapi yang mengejutkan, mengeluh mengenai hal-hal di atas cukup sering dijumpai di status Facebook seseorang. Terkadang emosi membuat seseorang lupa akan hal lain.
Seorang wanita bernama Lindsay menyatakan di statusnya: "Ya Tuhan, saya benci pekerjaan saya!" dan kemudian mencela atasannya.
Beberapa jam kemudian atasannya menulis komenter di status Lindsay: "Tidak usah repot-repot datang ke kantor besok. Akan saya kirim surat pemecatan lewat pos. Dan ya, saya serius," tulis atasan Lindsay, yang ternyata sudah lama menjadi salah satu temannya di Facebook.
Maskapai penerbangan swasta Inggris, Virgin, juga baru-baru ini memecat seorang pramugaranya karena dalam status Facebook miliknya dia menulis bahwa para penumpang Virgin "norak" dan bahwa pesawat-pesawat Virgin penuh kecoa.
Seorang calon legislatif yang diperkirakan akan menang akhirnya kalah dalam pemilihan setelah dia menyebut para wanita di konstituennya "pelacur".
Dalam sebuah diskusi di Facebook caleg bernama Payam Tamiz itu menulis bahwa dia ingin menikah dengan "seseorang yang baik" tetapi "hampir tidak mungkin menemukan seseorang bermoral dan sedikit punya harga diri".

Memasang foto-foto yang tidak pantas

Kecuali bila anda mengatur setting privasi album foto anda untuk orang-orang tertentu saja, memasang foto sering membuat malu kita di Facebook - dari foto dagu yang tampak gemuk sampai pose berseloroh yang memalukan.
Kepala badan intelijen Inggris MI6 John Sawers adalah orang penting yang seharusnya sudah terlatih untuk tidak membeberkan kegiatan atau bahkan keberadaannya begitu saja kepada publik.
Tetapi bagaimana kalau istrinya memasang foto-foto liburan mereka berdua di Facebook, termasuk foto-foto suaminya mengenakan celana renang ketat dan informasi mengenai anak-anak mereka dan lokasi apartemen tempat mereka tinggal.
Sawers langsung meminta istrinya menghapus foto-foto itu, namun informasi yang sudah kepalang keluar mungkin bisa membahayakan dia.
Seorang anggota dewan kota di Wales memasang foto-foto dari pesta ulang tahunnya dengan tema berkostum.
Anggota dewan bernama Sean Aspey itu memasang foto-foto mengenakan seragam tentara Nazi dari acara komedi televisi yang memang menceritakan kisah lucu di Prancis di era pendudukan Nazi.
Dia kemudian dinon-aktifkan dari dewan kota.

Terlalu menikmati hari sakit anda

Kalau anda berpura-pura sakit atau memang sakit dan tidak masuk kantor, lebih baik anda jangan menggunakan Facebook.
Seorang wanita Kanada yang absen panjang karena menderita depresi mengatakan, dia tidak mendapat bayaran dari asuransi kesehatannya ketika agen asuransinya menemukan foto-foto dia bersenang-senang di Facebook, menikmati sinar matahari dan keluar malam bersama teman-temannya.
Seorang wanita lain dipecat ketika para atasannya melihat dia menggunakan Facebook, setelah dia mengaku terlalu sakit kepala untuk menggunakan komputer.

Membuka rahasia

Anda tidak mungkin berbisik di Facebook, jadi semua rahasia sebaiknya tidak ditulis di sana.
Israel pernah memeriksa laman Facebook para tentaranya dan menemukan gambar-gambar pangkalan udara, ruang operasi militer dan kapal selamnya.
Negara itu kemudian membuat kebijakan baru yaitu melarang tentaranya memasang foto-foto yang memperlihatkan dengan jelas lokasi dan manuver yang dilakukan pasukannya.

Sumber : BBC Indonesia
Diposting oleh Abu Jundi — Jumat, 17 Juni 2011

Belum ada komentar untuk "Lima hal yang harus dihindari di Facebook"

Tambahkan komentar anda :

Silakan tulis Komentar anda ...

Arsip Blog

Info Lowongan Kerja Solo Raya 2012